Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa dengan Menu Makanan Sehat

Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Menu sahur sehat merupakan salah satu hal yang paling dicari-cari oleh banyak orang pada saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Bila dibandingkan dengan hari-hari biasanya, menu untuk sahur dan berbuka puasa ini adalah menu spesial yang bisa membangkitkan selera makan Anda dan keluarga. Nah, buat Anda nih yang masih kebingungan dengan menu sahur yang itu-itu saja, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang menu sahur yang sehat yang bisa Anda jadikan sebagai referensi pada saat bulan puasa.

Mengingat betapa pentingnya sahur, tentunya Anda harus siapkan menu sahur yang tepat. Tidak hanya yang memiliki citra rasa enak yang bisa menggugah selera makan Anda sekeluarga, menu sahur juga harus sehat supaya tubuh Anda tidak kekurangan nutrisi. Tahukah Anda bahwasannya salah di dalam memilih makanan saat sahur bisa sebabkan Anda cepat mengantuk, lemas, haus, dan juga pusing di saat siang harinya? Oleh sebab itulah, pastikan Anda tahu beberapa makanan sehat untuk sahur dan hindarilah makanan yang bisa sebabkan tubuh lemas.

 

Inilah menu sahur sehat agar tidak lemas saat puasa

Makanan kaya akan karbohidrat kompleks

Menu sahur sehat yang pertama adalah makan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Bila dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, makan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks ini bisa memberikan energi lebih lagi buat Anda, sehingga menu makan yang satu ini tidak bisa menjadikan Anda lemas atau pun pusing. Beberapa contoh makan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks adalah sereal, beras merah, kentang, oatmeal, dan lain sebagainya.

Makanan kaya protein dan lemak

Selain dengan karbohidrat kompleks, makan makanan kaya protein dan juga lemak yang Anda konsusmi saat sahur juga bisa menjadikan Anda kenyang lebih lama. Pada saat cadangan karbohidrat telah habis digunakan, maka protein yang Anda konsumsi ini akan digunakan sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Bahkan tidak hanya itu saja, protein juga mempunyai fungsi untuk tingkatkan daya tahan tubuh dan juga memperbaiki sel tubuh yang sudah rusak. Sedangkan lemaknya bisa memperlambat metabolisme gula dan juga mempertahankan energi di dalam tubuh lebih lama lagi.

Cukupi sayur dan buah

Menu sahur sehat yang berikutnya adalah sayur dan buah. Disamping untuk mencukupi kebutuhan protein, karbohidrat, dan juga lemak, Anda juga harus bisa mencukupi asupan sayur dan juga buah. Sayur dan buah ini kaya akan nutrisi dan juga vitamin yang bisa menjaga kesehatan tubuh Anda dengan baik.

 

You might also like
Dapur, Makanan berat

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu