Telur Ayam Atau Telur Puyuh Yang Lebih Baik Untuk Menjaga Fungsi Otak?

Telur ayam dan puyuh mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk berbagai macam vitamin dan mineral. Dan zat gizi yang paling diperlukan untuk menjaga kesehatan otak, maka jumlah gizi yang diperbandingkan hanya Kolina (Choline), Vitamin B12 (Kobalamin) dan Vitamin B1 (Thiamin).

Berdasar data yang diambil dari Skip The Pie dalam kategori “Dairy and egg products”, maka tampak jumlah kandungan nutrisi dari keduanya sebagaimana berikut (takaran gizi per 100gr)  ;

tabel

Adapun fungsi vitamin dan mineral dari tabel di atas adalah sebagai berikut :

  • Vitamin B1 berperan menjaga fungsi otak tetap sehat dan bekerja dengan baik
  • Vitamin B12 memiliki fungsi mencegah penyusutan otak.
  • Kolina/Kolin sangat penting untuk meningkatkan daya ingat seseorang.
(dalam tabel di atas tidak dimuat vitamin dan mineral lainselain yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak, dan pasti, diluar fungsi~fungsi lainnya yang juga sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk dalam hal memperbaiki sistem imun dan sebagainya)

Berdasar data kandungan nilai gizi diatas, maka telur puyuh mengandung lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh otak manusia.

Dan hal menarik lainnya, telur puyuh juga mempunyai kemungkinan lebih rendah berisiko menyebabkan alergi. Jadi, jika sista alergi telur ayam maka telur puyuh bisa menjadi alternatif pilihan (namun jika sista masih alergi, silahkan berkonsultasi pada dokter terdekat).

Telur puyuh adalah menu sehat yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa. Meski demikian, disarankan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan serta menerapkan pola kombinasi makanan untuk konsumsi sehari-hari. Makanan apapun jika dikonsumsi berlebihan tentu tidak ada yang baik untuk kesehatan.

You might also like
Kebugaran, Kesehatan

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu