Sinar Matahari untuk Turunkan Berat Badan

Rutinitas pagi hari kita yang begitu padat, membuat kita jarang sekali dapat meluangkan waktu untuk berjemur. Bahkan ketika libur datang, kita lebih memilih menghabiskan waktu di tempat tidur, seolah bagai balas dendam pada rutinitas pagi kita yang melelahkan.

Namun bila sista ingin menurunkan berat badan, sista harus mengubah kebiasaan bermalas-malasan ditempat tidur di pagi hari. Karena ternyata, bangun pagi dan berjemur bisa membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Northwestern University Feinberg School of Medicine ( diterbitkan dalam jurnal Plos ONE )Para peneliti melakukan pengujian pada sekitar 54 partisipan dengan rata-rata usia 30 tahun. Kemudian semua partisipan dipasangi alat di pergelangan tangan untuk memonitor paparan sinar matahari. Selanjutnya partisipan di haruskan bangun pagi dan berjemur dibawah sinar matahari. Mereka juga di wajibkan untuk mengisi food diary yang mendokumentasikan asupan kalori sehari-hari. Kegiatan tersebut dilakukan selama satu minggu berturut-turut.

Dari penelitian tersebut, didapatkan fakta bahwa orang yang sering terkena sinar matahari pagi , memiliki BMI ( Body Mass Index ) lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang sedikit atau sama sekali tidak mendapatkan paparan sinar matahari. Mengapa?

• Berjemur dibawah paparan sinar matahari pagi yang menyerap kebawah kulit, membantu mensinkronisasi jam internal tubuh.sinar matahari ini dapat membantu menkondisikan tubuh untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa pada jam tersebut adalah waktunya sista bangun, dan saat matahari terbenam serta langit gelap. Maka itu waktunya untuk tidur. Cara ini akan melatih sista untuk menerapkan jadwal tidur alamiah dan stabil. Pola tidur teratur dapat melancarkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

• Selain itu, Cahaya dari sinar matahari mampu mengendalikan jam alami tubuh ( ritme sirkadian tubuh). Sepanjang hari, ritme sirkadian mempengaruhi fluktuasi tekanan darah, aktivitas, hormon, lambung, serta jam bangun dan tidur. Matahari pagi memancarkan cahaya biru dalam jumlah tidak sedikit, cahaya ini memberikan pengaruh paling kuat dalam mengatur irama sirkadian. Dengan teratur dan stabilnya ritme sirkadian memberikan efek positif bagi program diet yang anda jalankan. Dimana progam yang anda jalankan untuk menurunkan berat badan menjadi lebih cepat.

Untuk mendapatkan manfaat sinar matahari yang maksimal, sista dianjurkan untuk berjemur kurang lebih ±30 menit antara pukul 7:30 – 08:00. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berjemur antara lain berjalan atau berlari ringan, bisa juga dengan duduk santai sambil membaca koran diarea terbuka, menyiram bunga ataupun mencuci kendaraan seperti mobil dan motor atau menyapu halaman rumah

You might also like
Kebugaran, Kesehatan

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu