Protein Tinggi yang Enak untuk Cemilan Keluarga

Jangankan anak-anak, kita yang dewasa pun kadang malas makan. Padahal tubuh tetap memerlukan sejumlah gizi penting untuk bermetabolisme. Salah satunya yang terpenting adalah protein..Nah ternyata tidak harus melakukan ritual “makan besar” agar dapat memenuhi asupan protein untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita. Berikut adalah ide cemilan berprotein tinggi yang bisa dikonsumsi seluruh keluarga dan tentu anak-anak pun suka.

Puding susu

puding susu

Bahan yang terkandung dalam Pudding ini sangat membantu didalam proses pencernaan dalam tubuh. Bahan dasar seperti agar-agar atau Jelly yang berasal dari olahan rumput laut, yang sangat baik dalam membantu pencernaan. Dan setiap 100gr puding susu mengandung 4gr protein. Pembuatannya pun relatif mudah, jadi sista bisa membuatnya sendiri untuk menghindari kekwatiran tentang bahan pengawet dan pemanis buatan.

Telur rebus

sate telur puyuh
Sista bisa memilih telur burung puyuh, selain protein yang tinggi, telru burung puyuh juga lebih bagus untuk kesehatan otak dibanding telur lainnya. Telur puyuh merupakan sumber protein terbaik.100 gram Telur Puyuh mengandung 13,05 gram protein, lebih tinggi dari telur ayam (6gr) maupun telur bebek (8,1gr). Keunggulan telur puyuh yang penting lainnya adalah telur puyuh tak mengandung kolesterol jahat (LDL), dan malahan sangat kaya akan kolesterol baik (HDL). Keistimewaan lain, telur puyuh tak menyebabkan alergi, Tidak seperti telur ayam. Justru sebaliknya, telur puyuh bisa membantu untuk mengatasi gejala alergi. Hal ini karena telur puyuh mengandung protein ovomucoid, yang biasa dipakai untuk produksi obat antialergi.
Dalam penyajiannya sista bisa menyajikan seperti sate, agar si kecil lebih bersemangat untuk melahapnya.

Bakso

bakso bakarBakso dari daging sapi mengandung 5,3gr protein dalam setiap 100gr bakso. Selain daging sapi, pembuatan bakso juga memerlukan telur untuk perekat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Pentol bakso dapat bertahan sekitar satu bulan (tanpa bahan pengawet) bilaa disimpan dalam frezeer. Dan pasti lebih aman jika sista membuatnya sendiri, selain bisa memastikan kualitas dan jenis bahan yang dipakai, sista juga bisa menambahkan wortel dan daun bawang dalam adonan.
Selain di jadikan bakso berkuah, sista bisa menyajikannya dengan cukup merebusnya, lalu hidangkan dg saus kacang, saus tomat atau kecap.

Cincau

cincau
Cincau mengandung 6 gr protein setiap 100grnya, Bahan ini sangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori namun tinggi serat. Cincau dipercaya mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare. Sedangkan serat bermanfat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.

Jika sista bosan menyantap cincau dengan santan dan gula aren, sista bisa mengganti campurannya dengan susu coklat, perasan jeruk atau milkshake.

Kacang-kacangan

kacang campur
Sista juga bisa menyisipkan kacang-kacangan dalam menu cemilan. Misalnya, bubur kacang hijau, kedelai goreng atau kacang oven. Setidaknya, 100gr kacang-kacangan mengandung 9 gram protein.

Jamur.

jamur krispi
Makanan yang satu ini memang sudah mulai populer di masyarakat indonesia. Selain rasanya yang bersaing dengan daging, jamur diketahui juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Jamur mengandung aneka mineral penting seperti besi, selenium, kalium, fosfor, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, dan seng. Selain itu jamur juga rendah kalori. Sista bisa menjadikannya jamur krispi untuk cemilan.

Labu.

labu
Labu mengandung 9,35 gram protein, jumlah tersebut melebihi kandungan protein dalam daging sapi. Karena labu memiliki kandungan protein yang tinggi dan nutrisi yang lengkap sehingga menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk setiap salad atau makanan ringan. Selain dagingnya biji labu juga kaya akan nutrisi penting seperti mangan, fosfor, tembaga, vitamin K, vitamin E, vitamin B seperti thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B – 6 ( pyridoxine ), folat, kalium , kalsium, besi, magnesium, zinc dan selenium.
Untuk menyajikannya sista bisa membuat kolak, puding labu, pie labu atau cukup merebusnya saja.

Susu coklat

susu cuklat
Susu hangat jelas mengandung 11 gram protein dalam setiap gelasnya, susu coklat juga mengandung kalsium untuk kesehatan tulang si Kecil. Sista juga bisa menyajikannya dalam keadaan dingin.

Oatmeal

oatmeal
Oatmeal dapat menjaga berat badan dan kesehatan jantung. Selain mengandung serat, secangkir oatmeal mengandung 5 gram protein. Selain disajikan dengan yogurt atau smoties, oatmeal juga bisa loh dibuat pie.

Keju

cheese
Dalam satu batang keju, setidaknya ada 6 hingga 8 gram protein. Selain mengandung protein, keju juga mengandung kalsium yang penting bagi tulang anak.

Tahu atau tempe goreng

Tahu-Tempe-Goreng
Nah, siapapun pasti suka dengan tahu dan tempe goreng hangat! Setidaknya terdapat 2 gram protein di dalam sebuah tahu goreng dan 5gr dalam tempe goreng. Tahu dan tempe goreng yang sehat tentu saja tahu dan tempe yang dimasak sendiri di rumah, bukan yang dijual oleh tukang gorengan!

Susu Kedelai

susu kedelai
Jika Sista tidak suka dengan susu sapi, susu kedelai dapat menjadi alternatif pilihan yang jitu. Selain mengandung protein nabati, susu kedelai juga mengandung banyak serat. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera. Di dalam setiap 100 ml susu kedelai setidaknya terkandung 4,6 gram protein, lebih tinggi dari kandungan protein dalam yogurt.

You might also like
Dapur, Makanan ringan

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu