Mengenal Teknik Memasak : en Papillote

tehnik memasak en Papillote

Metode masak en papillote ( dalam perkamen-bahasa Perancis) adalah metode penyegelan protein dan mineral dalam kertas perkamen, biasanya diterapkan saat memanggang dengan oven. Metode en papillote  biasanya tidak menambahkan cairan ke kantong (perkamen), tapi tetap akan ada cairan yang meresap keluar, cairan tersebut adalah cairan yang terkandung dalam bahan makanan itu sendiri dan efektif menguapi bahan itu sendiri, jadi singkatnya metode en papillote mempunyai prinsip bahan makanan akan masak kandungan air yang ia miliki sendiri.

Makanan yang sehat yang pasti akan diisi dengan kedua hal, yakni kelembaban dan rasa. Selain itu, zat penyedap lainnya, seperti rempah-rempah dan aromatik, bisa lebih sempurna dan efektif meresap dan melapisi makanan yang dibuat dengan metode en papillote, dan otomatis metode ini akan memperlezat makanan tersebut.

Untuk mengaplikasikan en papillote, Sista bisa menetukan bahan yang akan dimasak dengan en papillote sendiri, menyesuaikan dengan selera Sista. biasanya metode ini diterapkan untuk makanan yang mengandung protein cepatmasak lainnya seperti dada ayam bisa dimasak dengan cara yang sama, seperti ikan, sayuran dan tahu, tetapi Sista juga bisa memanfaatkan metode  en papillote ini untuk bahan lain, misal ayam.

Nah bagaimana cara menerapkannya, prisip metode en papillote ini adalah yang penting uap tidak keluar dari perkamen.  Sista bisa membuat model yang lain, apapun bentuknya, bahkan berantakan sekalipun yang penting uap tidak keluar dari perkamen.

Nah berikut adalah salah satu contohnya, contoh dalam artikel Cantik Magz ini menggunakan Fillet ikan dengan Tomat, Labu, dan Kemangi :

step 1

step2

step3

step 4


Nah mudah bukan? Selamat mencoba! 🙂

You might also like

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu