Mengenal Jenis Tepung Terigu

Sista mungkin pernah binggung ketika menemui resep, di resep tercantum di resep, kadang ada yang mencantumkan terigu protein sedang, protein tinggi atau malah terigu self raising. Nah berikut Cantik Magz akan mengulas jenis tepungf yang biasa beredar di pasaran :

Dilihat dari proteinnya, ada 6 jenis tepung terigu, yaitu :


1. Protein Tinggi, Bread Flour, High Grade Flour

protein tinggi

untuk hasil yang maksimal roti sebaiknya dibuat dengan terigu berprotein tinggi.

Kandungan protein dalam tepung ini 13 % – 14 %,Tingginya kadar protein pada terigu ini membuatnya mudah dicampur, difermentasi, memiliki daya serap terhadap air yang tinggi, elastis dan mudah digiling. Tepung ini cocok untuk membuat mie, roti dan pasta dan tepung ini juga cocok utk membuat daging
sintetis/tiruan untuk vegetarian

CONTOH :  Cakra Kembar, Cakra Kembar Emas, Tali Emas kereta kencana,



2. Protein sedang, All Purpose Flour, Cake flour

protein sedang

Agar gorengan yang Sista masak hasilnya maksimal gunakanlah terigu berprotein sedang.

Kandungan protein dalam tepung ini antara 11 % – 12 %, tepung ini dapat diaplikasikan untuk aneka makanan, biasa disebut tepung serba guna. Tepung ini cocok untuk membuat kue, bolu, kue kering dan gorengan.

Jenis ini terbagi dua macam yaitu:

1. Plain Flour

Tepung ini paling cocok untuk membuat mie basah, mie basah biasanya bertekstur lembut namun tidak sekenyal mie biasa. Tekstur yang lembut dan sedikit mengembang ini dapat diperoleh dengan penggunaan tepung terigu protein sedang. Dengan tepung terigu ini, mie basah buatan Sista akan bertekstur lembut dan empuk.
Tepung ini juga cocok untuk membuat aneka gorengan dengan hasil terbaik. Tepung terigu jenis ini akan membuat permukaan gorengan Sista menjadi renyah dengan bagian dalam yang tetap lembut.

CONTOH : Segitiga Biru, Gunung Bromo, Beruang Biru

2. Self Raising Flour (SFR)

Tepung terigu ini telah dicampuri dengan baking powder dan baking soda sehingga siap pakai. Penambahan bahan pengembang ini membuat terigu lebih stabil dan siap pakai. merupakan derivasi dari jenis protein sedang ini yaitu tepung terigu protein sedang yang sudah dicampur bahan pengembang. Ketika membuat makanan yang dipanggang dengan rasio gula yang tinggi ke tepung, tepung ini akan lebih mampu mengembang dan menahan lebih lama dan mengurangi resiko kue turun atau collapse. tepung ini sangat baik untuk kue bertekstur halus dengan volume yang lebih besar dan cocok digunakan untuk membuat Kue,

 Namun sayangnya, tepung ini hanya efektif untuk jangka waktu 3 bulan, setelah masa tersebut zat pengembang tidak berfungsi lagi. Tepung ini cocok untuk cake, muffin atau kue kering.

Tepung terigu self raising ini bisa disubsitusi atau diganti dengan jenis plain flour, misal :

a. Sebagai bahan pengganti dalam pembuatan cake:

225 gram Self-Raising Flour = 225 gram tepung terigu protein
sedang + 1/2 sdt Baking Powder + 1sdt soda kue.

b. Sebagai bahan pengganti dalam pembuatan cookies :

1 cup (115gram) Self-Raising Flour  = 1 cup terigu protein sedang
+ 1 sdt Baking Powder.

3.Protein Rendah, Low Protein Flour, Pastry Flour

Aneka-Kue-kering

Jika ingin membuat kue kering, lebih sista bisa menggunakan terigu berprotein sedang.

Kandungan protein dalam tepung ini paling tinggi hanya 11 %. Sista sangat tidak disarankan mencoba menggunakan tepung ini untuk membuat roti, donat dan sejenisnya karena hasilnya tidak maksimal.Karena tepung jenis ini menyerap sedikit air dan gula, maka adonan yang dibuat menjadi lebih renyah. tepung ini lebih dikhususkan untuk membuat makanan yang tidak perlu fermentasi, misalnya :kue kering, cake dan biskuit.

CONTOH  : Kunci Biru, Lencana Merah, Kunci mas



4. Whole meal flour, Whole Wheat Flour

whole meal

Whole meal flour, Whole Wheat Flour yang berwarna kekuningan

Tepung ini terbuat dari biji gandum utuh termasuk bungkus dan lembaganya sehingga warnanya lebih gelap, semu kecoklatan karena terbuat dari gandum dengan masih berkulit ari.Teksturnya lebih kasar dari tepung terigu dan warnanya tidak putih tapi agak kusam kecoklatan. Sangat menyerap cairan. Sering digunakan untuk membuat cookies atau roti tawar dengan rasa yang khas. Terigu ini mengandung serat dan protein yang sangat tinggi sehingga cocok untuk makanan kesehatan dan diet. 

CONTOH : Taj Mahl (produk Bogasari)


5. Tepung enriched

Tepung terigu ini sudah ditambahi dengan beragam vitamin atau mineral tertentu dengan tujuan untuk memperbaiki nilai gizinya. Hal ini membuat harganya lebih mahal dibanding terigu jenis lain. Cocok untuk bolu dan kue kering yang disajikan untuk anak-anak.

6. Rye Flour, Tepung Gandum Hitam

Tepung jenis ini masih kurang familiar di Indonesia. Tepung ini biasanya digunakan utk membuat roti khas German(Pumpernickel).

You might also like

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu