Mawar Hitam Halfeti Turki

mawar hitam

Jika Sista menonton film-film imajinasi, terutama yang berhubungan dengan sihir. Mungkin mawar hitam ini sempat menjadi ikon si penyihir jahat. Tak hanya kental dengan simbolisme untuk penyihir, mawar hitam juga menjadi ikon musik bergenre heavy metal. Selama ini mungkin banyak dari kita yang belum tahu jika di dunia ini ternyata mawar hitam ini dapat tumbuh alami, tanpa perlu dimutasi atau proses buatan yang lain. Yuups bunga mawar berwarna hitam tumbuh di Halfeti, desa mungil di Provinsi Sanliurfa, Turki.

hafelty

Selain memiliki kondisi tanah yang berbeda, iklim di Halfeti ini juga dipengaruhi oleh sungai Efrat. Perpaduan antara kondisi tanah dan iklim inilah yang menyebabkan bunga mawar yang tumbuh subur disana memiliki warna yang cenderung ungu tua atau mendekati hitam. Warna hitam yang dihasilkan pada bunga mawar ini disebabkan kandungan antchocyanin bereakssi dengan PH tanah setempat. Antosianin ini memang sangat sensitif terhadap PH, suhu, dan temperatur. Mawar ini tumbuh berkat tingkat keasaman dan kesuburan tanah, mengingat hampir 100% sumber air Halfeti berasal dari Sungai Eufrat.

pemandangan hafelty

Pada 1990-an, sebuah bendungan yakni Birecik Dam dibangun di Sungai Eufrat. Warga Desa Halfeti pun pindah ke wilayah Desa Karaotlak, sekitar 10 Km dari Desa Halfeti lama.karena di tanah asalnya

Banyak wilayah perumahan yang terendam, yang ternyata menjadikan daerah ini mulai dilirik sebagai daya tarik objek wisata. Warga Turki menganggap mawar Halfeti sebagai simbol dari misteri, harapan dan keinginan, dan ada juga yang menganggap sebagai kematian dan kabar buruk. Banyak warga lokal yang  menjual mawar hitam  ini selama waktu musim semi yang menjadi musim pariwisata di Hafelty.

 mawar hitam3

Bunga cantik yang terkesan misterius ini merupakan bunga musiman, bunga-bunga ini hanya mekar pada musim panas, biasanya hanya mekar dua kali dalam setahun selama 15 hari, yakni musim semi dan musim gugur. Dan hanya ada sedikit bunga yang mekar. Bunga yang mekar pada tanaman berketinggian 1-1,5 meter ini akan mekar dengan warna merah magenta gelap lalu berlahan berubah kehitaman, dan semakin hitam pekat. Puncak kemekarannya rata-rata berada pada diameter  6-7 cm.

mawar hitam1

Pemerintah Halfeti mengalakkan segala cara untuk membudidayakan mawar hitam ini, karena semenjak wilayah tersebut terendam luapan sungai Eufrat, tanaman ini semakin hari semakin berkurang pertumbuhannya .Benih-benih mawar hitam dibudidayakan di rumah kaca. Kini tiap musim panas, turis berbondong-bondong menyambangi Halfeti untuk melihat mawar hitam yang sangat cantik ini.

You might also like
Wawasan

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu