Makanan Yang Dapat Menyehatkan Rambut

Sista tentu penampilan yang cantik akan semakin sempurna bila ditunjang dengan rambut yang indah. Namun urusan merawat rambut ini ternyata tidak cukup hanya dari dalam, nutrisi yang diperoleh tubuh juga mempengaruhi kecantikan dan kesehatan rambut.

Kali ini Cantik Magz akan mengulas beberapa makanan yang bisa membantu menjadikan rambut sista semakin menawan dan sehat :

Air Putih

air minum

Minum air mampu membantu distribusi nutri sampai ke sel-sel rambut yang rusak sehingga sel rambut yang rusak bisa cepat tergantikan. Jadi ingatlah minum air minimal  sebanyak 8 gelas setiap hari.

Yogurt

yogurt

Dalam folikel rambut juga terdapat kalsium, dan ternyata kalsium ini merupakan mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Jika Sista menambahkan lebih banyak kalsium dalam diet Sista, Sista bisa memilih yogurt favorit Sista.

Ubi Jalar

ubi jalar

Sumber besar antioksidan beta karoten ternyata justru ada di ubi jalar. Setiap sel tubuh tidak bisa berfungsi tanpa asupan vitamin A yang cukup. Hal ini juga membantu melindungi dan menghasilkan minyak yang mempertahankan kulit kepala Sista dan bila Sista kekurangan vitamin A dapat berakibat kulit kepala gatal, bahkan ketombe yang menjengkelkan.

Bayam

bayam

Besi , beta karoten , folat , dan vitamin C dalam bayam membantu menjaga folikel rambut sehat dan kmencegah minyak berlebih pada kulit kepala.

Buncis

buncis

Banyak mengonsumsi buncis ternyata dapat menyehatkan rambut kita. Buncis ini banyak mengandung protein, zinc, biotin dan zat besi yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut

Wortel

jus_wortel

Kandungan vitamin A pada wortel, selain baik untuk kesehatan mata ternyata penting dalam menciptakan rambut yang sehat.

Pisang dan Kismis

   pisang-tile

Buah pisang dan kismis mengandung banyak vitamin B6 dan zat besi yang dapat mendistribusikan oksigen ke kulit kepala sehingga dapat mencegah kerusakan rambut.

Kenari

 kenari

Satu-satunya jenis kacang yang memiliki sejumlah besar asam lemak omega – 3 adalah kenari .Kacang kenari ini  juga kaya biotin dan vitamin E , yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan DNA. Karena rambut jarang mendapat banyak perisai dari matahari, biotin dan vitamin E sangat beperan menjaga rambut dari sinar matahari. Terlalu sedikit biotin dapat menyebabkan rambut rontok. Kenari juga memiliki tembaga mineral yang membantu menjaga warna rambut alami kaya dan berkilau.

Blueberry

blueberry

Blueberry yang sangat eksotik ini ternyata kaya vitamin C. Vitamin C mempunyai peran yang sangat penting untuk melancarkan sirkulasi ke kulit kepala. Vitamin ini juga mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan folikel. Jika Sista kekurangan vitamin C ini bisa berakibat pada kerusakan rambut .

Telur

telur

Selain protein , telur  juga sarat dengan empat mineral penting lainnya : zinc , selenium , sulfur , dan zat besi. Zat besi  mempunyai peranan sangat penting dalam membantu sel membawa oksigen ke folikel rambut. Jika kadar zat besi terlalu rendah ( selain anemia ) akan menyebabkan rambut rontok, terutama pada wanita. Alternatif lain, bisa Sista dapatkan dari hewani seperti daging ayam , ikan dan sapi.

Salmon

Salmon

Salmon kaya akan protein dan vitamin D yang mana kedua zat inimerupakan kunci utama rambut yang kuat. Asam lemak salmon mengandung omega – 3. Tubuh kita tidak dapat membuat asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menumbuhkan rambut. Sekitar 3 % dari batang rambut terdiri asam lemak. Omega-3 juga dapat menyehatkan sel di kulit kepala dan minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut berkilau.  Jika Sista tidak suka salmon, maka Sista bisa mengganti asam lemak esensial dari jenis ikan lain seperti ikan sarden, alpukat, biji kenari.

tiram

tiram

Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok ( bahkan dapat berpengaruh sampai bulu mata ), kering , serta kulit kepala terkelupas. Sista bisa mendapatkan beberapa zinc melalui sereal dan roti gandum, tapi tiram mampu memberikan tingkat protein yang cukup signifikan. Tubuh membutuhkan sekitar 97 % protein, tanpa protein yang cukup, tubuh tidak dapat memperbaiki rambut yang kering, rapuh, atau rontok.
Namun jika Sista tidak menyukai tiram Sista bisa mendapatkan zinc dari kacang, daging sapi dan telur.

Pada dasarnya, efektifitas cara merawat rambut diatas tergantung tingkat sensitivitas pada masing-masing orang. Jadi daya serap vita,min ini juga dipengaruhi kombinasi asupan yang amsuk ke tubuh Sista, kondisi tubuh Sista secara keseluruhan, kondisi psikologi dan lain sebagainya

You might also like
Kecantikan, Rambut

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu