Makanan Terbaik Saat Sakit

1. Sup Ayam

Sup Ayam
Nomor satu dalam daftar referrensi ini adalah sop ayam. Bila sista menderita hidung tersumbat, mual, atau sakit kepala sinus, Sista bisa mengambil takaran yang sangat dibutuhkan, yakni cairan dan nutrisi untuk melawan virus. Plus, kombinasi dari kedua kaldu dan sayuran yang sehat dapat membantu mengurangi peradangan saluran pernapasan bagian atas yang dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut.

2. Buah dan Sayuran Hijau

green leafy vegetables
Jeruk, grapefruits, buah, kiwi, dan paprika merah dan kembang kol bahkan semua penuh sesak vitamin C, yang menurut National Institutes of Health, dapat membantu mengurangi gejala flu dan memperpendek durasi sama sekali. Direktur nutrisi Good Housekeeping itu, Jaclyn London, MS, RD, CDN, terutama memilih sayuran hijau sebagai obat. Mereka memiliki lebih dari 130% dari yang direkomendasikan asupan vitamin C harian kita, dan 133% untuk vitamin A. Dan keduanya merupakan antioksidan yang dapat melawan flu.”

3. Makanan berbumbu

veterinary onions
Bawang putih, bawang, daun bawang dan bumbu lain bersenyawa meningkatkan kekebalan dan antimikroba dan antivirus yang dapat membantu memerangi terhadap sinus tersumbat. Pada tahun 2001, peneliti melakukan studi acak di mana peserta diberikan baik suplemen bawang putih atau kapsul plasebo. Mereka yang mengambil suplemen bawang putih sekali sehari selama 12 minggu dilaporkan merasa lebih sehat dan memiliki pilek secara signifikan lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok plasebo.

4. Ikan

Salmon, tuna, mackerel, dan tiram
Salmon, tuna, mackerel, dan tiram yang kaya akan asam lemak omega3 berguna untuk membantu melawan peradangan yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh sista selama merasakan dingin. Tiram juga penuh dengan seng, yang mungkin mencegah virus berkembang biak. Dr. London juga menunjukkan bahwa asupan protein saat sista sedang sakit dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

5. Kopi dan Teh

Coffee and Tea
Keduanya mengandung antioksidan dengan sifat memerangi flu. Dan bahkan lebih disarankan: Tambahkan satu sendok makan madu dan jahe segar untuk teh sista. Jahe adalah pereda nyeri alami dan obat penenang ringan sehingga dapat membantu sista mendapatkan beberapa yang sangat dibutuhkan istirahat. Dengan sedikit madu yang melapisi tenggorokan sista dan bekerja sebagai peredaalami sakit tenggorokan.

6. Dark Chocolate

Dark Chocolate
Kakao murni (70% atau lebih tinggi) penuh dengan antioksidan yang mampu melawan penyakit yang disebut polifenol. Jadi jangan ragu untuk memanjakan diri dengan coklat ketika sista merasa sakit, dengan maksimal satuons porsi sehari. Dan satu lagi: Satu penelitian di Inggris menemukan bahwa bahan kimia dalam coklat dapat memblokir saraf yang menyebabkan batuk.

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

kacang-kacangan_
Menurut London, kacang-kacangan adalah sumber mineral seng. Mereka juga memiliki bonus tambahan vitamin E, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi sista lebih cepat.

Apa yang harus Hindari:
Lewatkan sesuatu yang digoreng atau diolah sebanyak mungkin. Mereka memiliki nilai gizi sedikit, penuh dengan bahan penekan kekebalan seperti sirup jagung fruktosa tinggi. Plus, zat-zat tersebut penuh lemak. Kemungkinan besar tidak terlalu lapar atau berselera makan ketika Anda sakit, jadi jika Anda makan lebih sedikit dari biasanya, Anda harus mengoptimalkan asupan gizi Anda sebisa mungkin,  Dr. London menekankan. Ini berarti tidak ada chip, tidak ada Burger, dan pasti tidak ada soda.

You might also like
Kebugaran, Kesehatan

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu