Jenis Pembungkus ala Telur Dadar

sista Cantikpernah nonton film animasi “TURBO” ? ada adegan dimana si Turbo ditemuin oleh penjual taco, mungkin bagi yg pernah ke meksiko, spanyol or pernah makan taco tdk penasaran lagi taco iu makanan kaya gimana sih? ternyata taco ini jenis makanan yg ada pembungkus/kulitnya, yaaaaah klo di Inddnesia, mungkin sista bisa bayangin sejenis dadar gulung, lumpia, bakpia atau pastry, makanan italian yg sdh akrab di pasaran.

pembungkus makanan ala telur dadar ini ternyata ada 4 jenis, yakni :

1. Fillo Pastry

22 179 Arranging The Filo Pastry.fullDari namanya aja pasti sista bisa langsung nebak jenis ini pasti buat bungkus pastry-pastryan….yuuuuuups benul bingit….ini termasuk kerabat pastry yg terbuat dari tepung terigu, air, dan satu butir telur. Adonan Filo digilas menjadi lembaran yg sangat tipis dan tampak transparan. Cara menyimpan filo pastry : kemas dalam kemasan rapat dan disimpan di refrigrator atau freezer, supaya kelembapannya terjaga dan tidak sobek ketika diberi isian, kemudian digoreng, dipanggang atau dibakar. Isiannya bisa beragam dari lobster sampae pasta kacang polong sesuai pastry apa yg mau sista bikin. bentuknya pun bisa disesuaikan dg keahlian sista ber”origami” dg fillo pastry ini, bisa bentuk gulungan ky semacem lumpia dg lbh bnyk lapisan kulit, bisa segitiga, bahkan ada juga yg berhasil bikin bentuk bunga mawar dg filo pastry ini.

2.Kulit Lumpia

Kulit LumpiaSista pasti sudah pernah dok makan lumpia? apalagi klo sista orang semarang yg terkenal dg lumpia bambu mudanya. Kulit lumpia ini dibuat dari tepung terigu, air dan sedikit garam. Lalu dicetak di pan / wajan /teflon lingkaran dg ketipisan yg lumayan tipis, namun lebih tebal daripada fillo pastry.
Teksturnya mirip telur dadar, tipis dan mudah dilipat-lipat. Bentuknya pun bisa mengikuti pan / wajan / teflon yang digunakan.

3. Rice Paper
Rice WraperDari cara pembuatannya mirip dg kulit lumpia, bila sista ingin membeli kulit lumpia di supermarket / pasar mungkin akan keliru dg rice paper ini. mengingat teksturnya mirip, bentuk cara pembuatannya pun sama, hanya dalam pembuatannya menggunakan tepung beras. Rice paper yg dijual siap pakai, dibungkus dalam kemasan plastik dan dibekukan, kebanyakan yg beredar di pasaran  diproduksi Vietnam atau Thailand. Sebelum digunakan , rice paper harus direndam sebentar dalam air dingin sampai tampak transparan dan mudah dilipat.Di Singapura atau Malaysia dikenal dg istilah Popiah paper atau Popiah Wrapper.

4. Taco
TortillaTaco ini dikenal juga dengan Tortilla, roti berbentuk bundar tipis mirip lembaran kulit lumpia. Taco ini bisa sista buat dengan mencampur tepung terigu dengan mentega putih. Banyak penjual Tortilla / taco di kota-kota bahakan di desa-desa Meksiko yg terampil menipiskan aonancornmeal yg dijepit dg kedua telapak tangannya. Warna dan ukurrannya pun berbeda-beda. Umumnya berdiameter 5-25 cm. Di spanyol, taco dibentuk atau ditipiskan dg alat khusus.

ok…demikioan share kali ini semoga tambahan infa Cantik kali ini bisa menginspirasi sista semua 🙂

You might also like

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu