Anti Nyamuk dari Tembakau Temuan Remaja Kelahiran Temanggung.

Siapa, sih, yang mau digigit nyamuk? Serangga kecil ini sering menggigit sista tanpa permisi. Rasa gatal di kulit karena digigit nyamuk sering membuat sista kesal. Huh! Gatal!

Untuk lebih cepatnya, sista sering menggunakan obat nyamuk yang dibakar atau yang disemprot. Dengan menggunakan obat anti nyamuk ini, nyamuk segera menyingkir atau mati. Obat anti nyamuk ini kebanyakan terbuat dari bahan kimia beracun. Nyamuk tidak akan bertahan hidup kalau sampai terkena obat anti nyamuk. Sayangnya, racun dari obat anti nyamuk itu bisa membahayakan kesehatan sista juga, lo!

Sssttt…obat anti nyamuk tidak selalu dari bahan kimia yang beracun, lo. Ada juga anti nyamuk alami. Seorang remaja kelahiran Temanggung, Alfin Harjuno Dwiputro, baru-baru ini menemukan anti nyamuk dengan memanfaatkan tembakau…ya tanaman satu ini memang paling kontroversial kehadirannya, kini ditemukan satu lagi manfaat baiknya yang sangat aplikatif.
Pada acara International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Gedung SMESCO, Jl Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, Bro Alfin yang alumni SMP N 1 Wonosobo ini menuturkan “Karena kampung halaman saya di Temanggung merupakan salah satu daerah yang banyak perkebunan tembakau, kayu dan bunga setelah panen itu jadi limbah. Paling dibakar atau dibiarkan saja di pinggir jalan. Saya ingin sekali memanfaatkan itu supaya nggak jadi sampah.”
Bro Alfin membuat insektisida yang dapat mengusir nyamuk-nyamuk nakal dengan

menggunakan batang kayu dan bunganya. Kayu dan bunga tembakau ditumbuk hingga halus. Setelah itu, 70 gram serbuk hasil tumbuhan tadi dicampur dengan 4 liter air dan didiamkan selama semalaman. Setelah satu malam, ramuan tersebut ditambah berupa alkohol 70% sebanyak 10 ml.

Tak hanya itu, sist, Bro Alfin ini pun menyusun mekanisme agar penggunanya tak perlu repot-repot menyemprotkan cairan ini. Menggunakan metode pewangi ruangan yang dimodifikasi, Alfin menghasilkan tempat cairan yang dapat otomatis menyemprot ketika nyamuk-nyamuk nakal mendekat.Tembakau Pengusir Nyamuk Buatan Bro Alfin

Sebuah antena televisi bekas yang dilengkapi mikrofon mungil digunakan Alfin sebagai‎ alat penangkap suara nyamuk. Setelah suara nyamuk terdeteksi, alat tersebut pun mengirim sinyal melalui transmitter dan diterjemahkan sebagai perintah untuk menyemprotkan cairan. Tak perlu dicolok, sumber tanaga listrik alat ini berasal dari baterai 5 volt yang bisa dibeli di minimarket atau toko terdekat.

“Jadi nyamuk itu frekuensi suaranya kan 300-500 heartz. Mikrofon ini dipasang untuk menangkap suara itu lalu mengirim impulse yang diterjemahkan sebagai perintah untuk menyemprot,” urainya
Woow…Jempol banget nih masih remaja tapi sudah mempunyai penemuan yang produktif.
Giman sist, mau coba bikin anti nyamuk ala Bro Alfin? Atau mau kerjasama ma Bro alfin buat mendirikan pabrik anti nyamuk?

You might also like
Wawasan

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu