Pekerjaan Rumah Tangga Bisa Membangun Pondasi Kepribadian Anak

Sista mungkin rasanya sayang jika menyuruh anak melakukan pekerjaan rumah, apalgi jika sista mempunyai asisten rumah tangga. Jelas saja memberikan pekerjaan rumah mempunyai tantangan tersendiri untuk Sista. Jangan kuatir sista sebab anak-anak justru akan tumbuh dengan dasar kepribadian yang kuat.

Usia apa yang tepat untuk membiarkan anak-anak sista mulai mengerjakan pekerjaan rumah?

Anak-anak sebenarnya bisa mulai berlatih sejak usia 3 dengan pekerjaan rumah sederhana saja, dan tentu harus dengan bantuan dan pengawasan pada awalnya. Meskipun ini awalnya merepot Sista, tetapi memulai sejak usia dini, akan mempermudah anak secara psikologis untuk melakukan pekerjaan rumah di waktu dewasa kelak. Karena dalam otak anak-anak akan tersetting : melakukan pekerjaan rumah sama dengan bermain.

Percaya atau tidak, Sista akan terkejut betapa antusias dan besarnya anak-anak pada usia untuk membantu! Anak usia 3 tahun menikmati membantu lipat laundry, terutama kaus kaki 🙂 Memberikan anak pekerjaan rumah membantu mereka untuk menjadi bertanggung jawab serta mendapatkan banyak sifat besar lainnya. Anak-anak seperti kebanyakan orang dewasa, ingin memiliki perasaan yang diperlukan, dan untuk mengetahui bahwa mereka memberikan kembali.index

Beberapa pekerjaan rumah besar yang baik untuk memulai anak Sista dengan yang melipat pakaian, membuat tempat tidur, memberi makan  hewan peliharaan mereka dan mengambil setelah diri mereka sendiri. Awalnya ketika anak-anak melipat cucian, Sista harus kembali lipat, tapi ketahuilah betapa pentingnya mulai tugas rumah tangga sedari awal!

Anak-anak Sista tentu akan mencontoh kebiasaan sista dan suami. Itu berarti jika anak Sista melihat Sista melakukan pekerjaan, anak (sat masih balita) biasanya akan spontan membantu dan terus-menerus menyibukan Sista. Sista boleh membiarkan anak-anak untuk membantu bersih, terutama menyapu dan menggunakan vakum, dan sebaiknya tidak membiarkan mereka membersihkan seseuatu yang memerlukan dengan bahan kimia belum. Anak-anak juga bisa membantu merapikan tempat tidur mereka sehari-hari. Namun, bersiaplah untuk kembali dan kembali merapikan tempat tidur atau membantu ketika mereka lakukanya.

Anak-anak juga bisa membantu memberi makan kucing. Tapi, ini mungkin tidak cocok untuk beberapa hewan seperti  anjing ras tertent, yang mungkin tidak sengaja menyakiti anak Sista karena mereka ingin makan.

Ketika anak Sista mencapai pekerjaan rumah, pujilah mereka. Memuji anak membuat mereka merasa hebat tentang apa yang mereka capai dan akan membuat mereka ingin melakukannya lagi. Membuat grafik tugas adalah cara yang menyenangkan untuk membantu mendorong dan memuji anak Sista.

Sista bisa menggunakan stiker Spiderman atau tokoh favorit anak untuk menandai setiap tugas selesai setiap hari, dan pada akhir minggu, mereka menerima hadiah. Sekarang, hadiah tidak selalu harus menjadi sesuatu yang Sista beli kata hadiah” longgar saat menguntungkan anak-anak. Sista dapat menghargai mereka dengan setengah jam ekstra t.v. waktu, kadang-kadang sista juga dapat memberi mereka satu hari bebas melakukan satu tugas dari daftar mereka, Sista dapat menggunakan ide-ide Sista sendiri sesuai keinginan Sista untuk keluarga Sista.

Tugas membantu mencetak kepribadian anak Sista di kemudian hari. Misalnya, jika anakSista tidak diberikan tugas merapikan tempat tidur setiap pagi, Jangan heran jika kelak Sista akan memiliki anak yang telah dewasa yang tidak pernah merapikan tempat tidur mereka setiap hari dengan baik. Namun tetap point penting yang harus Sista pegang dalam proses pembentukan kepribadian anak adalah keteladanan dan petunjuk pelaksanaan yang jelas. Anak-anak sangat memerlukan petunjuk khusus tentang cara untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka. Ketika memberikan anak Sista pekerjaan rumah, selalulah beri pentunjuk secara jelas.

fbdsKetika Sista menyuruh anak-anak Sista untuk merapikant tempat tidur mereka dan jangan hanya berhenti di kata perintah saja. Masuklah ke kamar sikecil untuk petunjuk lebih lanjut, seperti memerintahkan mereka untuk menepis bulu bantal mereka, menarik sprei dan menyelipkan sisanya dibawah busa untuk menghaluskan kerutan sprei bekas tidur anak, dll. Jika hasilnya pun memuaskan tentu saja anak Sista bangga dengan apa yang mereka lakukan. Hal ini juga berlaku untuk memberitahu anak-anak untuk membersihkan kamar mereka. Katakan kepada mereka untuk mengambil barang-barang tertentu, meletakkan segala sesuatu di tempat-tempat yang tepat, dll

Terakhir, bahwa tidak ada usia tertentu bahwa anak-anak harus mulai pekerjaan rumah. Semakin dini Sista mulai, semakin baik. Meskipun Sista akan memerlukan lebih banyak kesabaran selama proses awalnya, tapi yakinlah hasilnya tidak akan pernah sia-sia.

Nah, sekarang :  Sista akan memulai dari pekerjaan rumah yang manakah? Imbalan apa, jika ada, apakah anak Sista menerima ketika menyelesaikan pekerjaan rumah mereka?

You might also like

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu