Black Ivory Coffe, si Penantang Kopi Luwak dari Thailand

Sista pasti sudah akrab dengan ketenaran kopi luwak, dan mungkin malah pernah mencicipinya. Kopi luwak dari negeri kita ini dihasilkan yang dari biji kopi yang terlebih dahulu dimakan, dicerna dan dikeluarkan dalam bentuk kotoran oleh luwak. Kopi ini sempat menjadi kopi termahal di dunia.

Akhir-akhir ini kopi luwak posisinya terancam digeser oleh kopi lain. Sebuah hotel di Thailand telah menciptakan kopi termahal dengan harga jauh diatas kopi luwak. Pesaingnya bernama Black Ivory Coffe. Black Ivory Coffee ini merupakan merek kopi eksklusif yang diproduksi oleh Black Ivory Coffee Company Ltd di Northern Thailand dari biji kopi Arabika.Black Ivory2 Kopi ini juga hampir mirip prosesnya, bedanya biji kopinya dicerna terlebih dahulu oleh seekor gajah.Woow kebayang ga sih sist, pasti prosesnya lebih menantang daripada proses pembuatan kopi luwak? 😀

The Huffington Post (16/10/2012) menyebutkan hal ini mungkin saja terdengar aneh. Namun, hal ini benar-benar ada di The Anantara Hotel, Resorts, and Spas yang terletak di Thailand. Menurut pernyataan yang dikeluarkan hotel tersebut, sebuah penelitian mengindikasi bahwa saat dalam pencernaan, enzim usus gajah menghancurkan protein kopi. Karena protein tersebut bertanggung jawab atas rasa pahit dalam kopi, maka semakin sedikit protein rasa pahitnya makin hilang. Biji kopi yang dicerna dalam waktu 15 sampai 70 jam

1301 Elephant CoffeeHanya sekitar 50 kg biji kopi yang tersedia untuk dijual, dan setiap kg nya akan dihargai Rp 10.549.000. Jika dihitung satu cangkir kopi berharga sekitar Rp 480.000,00. Apa sebenarnya yang membuat kopi ini sangat mahal?

Menurut Go Asia (16/10/2012), gajah-gajah ini berasal dari gajah yang diselamatkan dan 8% dari penjualan kopi akan dikembalikan kepada Golden Triangle Asian Elephant Foundation. Sebuah organiasasi untuk pelestarian gajah Asia.

black-ivoryGajah-gajah ini hanya diberi makan biji kopi Thai Arabica yang hanya tumbuh di ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut. Dan gajah-gajah ini harus diberi makan lebih dari 32 kg biji kopi untuk memproduksi 1 kg biji kopi yang siap dikonsumsi manusia.

Waaaaaah bagi sista yg kurang suka dengan rasa pahit kopi, bisa mencoba rasa unik Black Ivory Coffee. Atau malah sista jadi kepikiran ternak gajah supaya bisa bikin Black Ivory Coffe?

You might also like
Wawasan

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu