No Comments

Cegah Pikun dan Atasi Stress dengan Berkebun

50x50_2014_07_24681

Melihat kebun yang tertata cantik dan terawat memang menyegarkan mata. Ternyata dalam sejumlah hasil penelitian, aktivitas berkebun mampu meningkatkan kesehatan fisik maupun psikologis. Sista pun bisa mendapatkan manfaat baik berkebun dalam kehidupan sehari-hari. Rumah sempit dan tak ada lahan, bagaimana ddengan hidroponik, sista bisa mempertimbangkannya untuk memperoleh seluruh manfaat baiknya, antara lain :

Konsumsi sehat

50x50_2014_07_24681-1145361-8528111Menurut Anne Palmer, peneliti di “Johns Hopkins School of Public Health Center for a Livable Future” menyebutkan bahwa anak-anak melakukan aktivitas berkebun cenderung (lebih memilih) mengkonsumsi sayur dan buah dibanding makanan hewani atau junkfood.

Kesehatan otak

ghwh-1021878-1700575Sebuah studi diikuti oleh orang dengan usia sekitar 60an dan 70an yang dirilis oleh CNN (08/07/11) menyebutkan bahwa orang-orang yang aktif berkebun memiliki resiko 36% – 47% lebih rendah terserang dementia atau pikun.

Olah raga

berkebun-6389115-6032622Jika anda terlalu bosan dengan berbagai bentuk olah raga kardiovaskular yang monoton, maka berkebun bisa menjadi solusinya. Setidaknya begitulah menurut Katherine Brown, direktur eksekutif dari “Southside Community Land Trust”.

Ketika berkebun kita akan terpapar matahari pagi dan udara lebih segar dan tentu sista akan melakukan berbagai gerakan yang tidak ditemukan pada aktivitas rutin harian, sperti mencabut rumput, menyiram dan lain sebagainya.

Lebih sehat secara psikologis

family_gardening_team_cvkekc-2234062-8309934Sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegia menunjukkan, sekelompok orang yang telah didiagnosis dengan stress dan depresi, diberi tugas menanam bungan dan sayuran selama 6 jam dalam seminggu.

Hasilnya, setelah 3 bulan berselang, setengah dari peserta menunjukkan perubahan positif dan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya.

Hal ini tentunya, sangat positif untuk mereduksi kecanduan anak-anak maupun orang dewasa pada ‘junk food’ atau makanan instan lainnya. Cara seperti ini juga sebagai terapi untuk mengatasi obesitas karena faktor makanan tinggi lemak rendah serat.

Selain itu, sist, jika kebun sista ditanami dengan sayuran dan buah, efek harga BBM naik pun tak terlalu terasa, sebab kebutuhan harian kita sudah tercukupi dari kebun kita.

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berkebun. Libatkan anggota kelurga yang lain, suami, istri dan anak-anak.

You might also like
Tags: , , , , , , , , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu