No Comments

Wajibkah Punya Eye Cream

eyecream

eyecream-9925817-2888990

Banyak orang, dan barangkali termasuk sista bertanya apakah benar perlu memakai produk eye cream untuk daerah sekitar mata? Mengapa kita tidak bisa memakai moisturiser di daerah tersebut? Pertanyaan yang paling banyak dilontarkan pasien pada konsultan kecantikan,  Apakah produk eye cream memang perlu disertakan dalam rutinitas perawatan wajah kita. Jawabannya? Ya dan tidak.

Mengapa kita perlu menggunakan eye cream?

Jawabannya adalah karena area di sekitar mata memiliki jaringan kulit yang lebih tipis ketimbang bagian lainnya di area wajah. Hal ini menyebabkan area di sekitar mata memiliki  masalah berbeda dari kulit wajah secara menyeluruh. Misalnya, bisa saja area wajah kita memiliki masalah kekeringan dan area sekitar mata memiliki permasalahan lingkaran hitam ataupun garis halus di sekitarnya. Area tersebut juga lebih mudah berkerut dan munculnya tanda-tanda penuaandini lebih dahulu dari yang lainnya.

Tanda kita harus menggunakan eye cream:

Mata Panda
Lingkaran hitam jangan hanya ditutupi dengan concealer. Eye cream tidak hanya mengembalikan kelembapan, tapi juga bisa meratakan warna kulit area mata dengan wajah.

Mata Lelah
Seharian di depan komputer jelas bisa membuat mata lelah. Jika mata terasa panas, eye cream bisa juga dipakai untuk ‘mengompres’ mata. Oleskan tipis di atas kelopak mata.  

Garis Halus
Cobalah tersenyum. Jika sudut mata seperti tertarik dan menimbulkan kerutan, gunakan eye cream yang mengandung extra moisturizer sebelum tidur.

Mata Kendur
Kulit sekitar mata yang kendur merupakan tanda-tanda awal penuaan. Pilih jenis anti-aging eye cream yang akan merawat kulit area mata secara lebih intensif.

Mata Sembab
Kurang tidur atau bengkak akibat sengatan serangga di daerah kelopak mata, Tidak bisa sembarang disembuhkan. Alih-alih calming cream atau lotion, gunakan soothing eye cream yang lebih aman dioleskan pada kulit daerah mata yang lebih sensitif.

Jadi, bolehkah memakai pelembap untuk area mata?

Bukan tidak boleh, tapi sebenarnya lebih ke cukup atau tidaknya nutrisi atau kandungan yang diperlukan daerah tersebut. Kalau area sekitar mata Anda tidak memiliki masalah yang berarti sebenarnya menggunakan pelembap biasa juga sudah cukup. Tapi, seperti yang saya bilang di atas, karena area tersebut cenderung memiliki masalah yang berbeda, maka area itu akan memerlukan perawatan yang berbeda juga. Nah, itulah mengapa eye cream diperlukan. Alasan lainnya adalah terkadang kita memakai moisturiser yang memiliki kandungan tidak aman untuk area sensitif di sekitar mata. Contohnya dalam rangkaian perawatan wajah brightening range, biasanya akan mengandung konsentrasi kandungan exfoliator seperti AHA/BHA yang sangat tidak dianjurkan untuk dipakai di area tersebut. So it’s better be safe than sorry. Dengan menggunakan eye cream, kita sudah tahu pasti bahwa semua kandungan yang terdapat dalam produk tersebut aman untuk area sekitar mata.

Apa keuntungan pemakaian eye cream?

Karena  kulit di sekitar mata lebih tipis maka akan dibutuhkan hidrasi lebih. Tapi, juga karena tipisnya kulit di area tersebut, tektur dari krim yang ingin kita pakai lebih baik tidak begitu pekat. Oleh karena itu, walaupun eye cream biasanya memberikan hidrasi lebih dari moisturiser biasa, tetapi teksturnya terasa lebih ringan dan menyerap lebih cepat. Sehingga tidak mengganggu pemakaian makeup di wajah.

 

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu