No Comments

7 Jurus Jitu Meraih Penghasilan Impian

 Jurus 1 : Kemauan dan Keyakinan yang KUAT.

1moiu03h1p
Sista mungkin sering melihat ada anak kecil usia 3-5 tahun dengan botol kecil dan beras didalamnya lalu ia turun naik bus mengamen dengan botol kecilnya terkadang nongkrong di lampu merah. Pakaiannya kucel ,wajah kusut. Di lain sisi kita juga sering melihat ada anak muda yang rela mengatur lalu lintas ditengah kepadatan mobil dan macet jalanan dan ditempat lain anak muda dengan gitarnya dan ditempat lain lagi ada anak muda dengan wajah seram naik bus tanpa gitar, tanpa alat musik hanya dengan modal “suara kerasnya” kadang baca puisi, ada juga yang curhat tentang hidupnya ya inti dari semuanya SATU TUJUANNYA yaitu mendapatkan UANG untuk memenuhi kebutuhan hidup hari itu.

Pernahkah sista berpikir kira-kira berapa penghasilannya sehari? banyak yang bilang penghasilannya bisa ratusan ribu, bahkan diberitakan pengemis dilampu merah aja bisa jutaan perhari, Woww,hehe.

Ya, Mungkin menurut sista cara-cara mereka diatas kurang elegan dan sangat tidak disarankan untuk melakukan cara-cara diatas. Tapi yang patut kita pelajari adalah Kemauan dan Keyakinan mereka yang kuat dan bisa menghapus kemaluan (baca : Sifat Malu) mereka serta memunculkan kemampuannya.

Jadi sebelum melangkah jurus kedua sista mesti punya kemauan dan keyakinan yang kuat dulu untuk bisa mendapatkan penghasilan minimal 100 ribu/hari. Siiiiiiiiiiiiiiiip!!!!

Jurus 2 :Mulai dengan modal se-adanya.

Huyoy
Untuk studi kasus di jurus 2 ini akan ceritakan pengalaman seorang rekan, seorang founder Indonesia Membaca, dalam membangun bisnisnya. Salah satunya yang diulas disini adalah bisnis ke-7 beliau (6 Bisnis sebelumnya sukses ditutup). Yaitu toko buku pertamanya @GhaziStoreID ( Webnya : Ghazi Book Store). yang akhirnya melebarkan sayap melahirkan bisnis-bisnis sejenis diantaranya @JombloStoreID ( web : www.jomblostore-id) yang dikelola bareng rekan rekannya @BursaBukuID .

Nah awal mula beliau membuka bisnis online ini (1 tahun yang lalu) sama sekali belum punya gadget seperti Blackberry, Smartphone dan laptop sama sekali belum punya itu. Waktu itu alat komunikasi yang beliau gunakan adalah HP Nokia jadul, pokoknya ditambah HP Smart Evdo yang beli dipameran dg harga sekitar 350rb. Dengan modal itu mulailah, beliau berjualan buku dan dvd Islam dengan sistem online. Untuk urusan promosi, beliau mengerjakan di warnet, beliau menjual produknya di marketplace gratisan seperti tokobagus.com waktu itu, kaskus, blogger, wordpress,dan lain-lain. Dalam sehari, beliau bisa lebih dari 7 kali bolak-balik masuk warnet hanya untuk mempromosikan di Facebook, Twitter, tokobagus dan lain-lain. Dan Alhamdulillah hampir tiap hari selalu ada order dan waktu seperti itu penghasilannya pernah diatas 300 ribu dalam satu hari dengan hanya modal seadannya.

cerita ini sengaja diceritakan beliau, karena ketika ketemu orang banyak yang ngeluh mau buka usaha apa, mau bisnis apa, bingung mau mulai dari mana ,Pas ditanya ada laptop?, modem?, smartphone? jawabannya ada. “Nah harusnya kita bisa melakukan hal lebih banyak serta lebih baik dengan amanah yang telah Allah titipkan pada anda.” Nasehat beliau menutup perbincangan.

So, Jurus 2 Cek apa saja fasilitas yang sista miliki dan bisa sista gunakan untuk mesin uang sista!

 Jurus 3 : Berdaganglah

Jualan

Nah jurus 3 jurusnya adalah berdaganglah…
Setelah sista cek semua fasilitas yang sista miliki dan analisa kira-kira cocok dagang apa, maka mulailah berdagang. Salah satu cara paling sederhana untuk memulai adalah dengan menjadi makelar, Kenapa makelar? karena modalnya sedikit bahkan nyaris tanpa modal kalau di online ada sistem dropship namanya. Tipsnya untuk memulainya ada 3 berikut :

Tips Memulai berdagang
• Cari produk yang paling laris dan paling dibutuhkan (ada 7 Jenis produk yang pasarnya tidak akan pernah mati selama dunia ada hehe)
• Coba komunikasi dan kerjasama dengan suplier produk tersebut dan tawarkan kerjasama dropshipper jika mau jualan online
• Kalau margin produk tersebut tipis maka carilah yang cepat repeat ordernya, kalau marginnya tebal / banyak maka carilah produk dengan kualitas bagus dan memang eksklusif
Nah itu jurus ke 3 Berdagang, action, jualannya gimana? ingat jurus ke 2, manfaatkan semua fasilitas yang kita miliki.

Jurus 4 : Pasar yang tepat

SafrqegSeringkali kita salah target dalam berjualan, atau tidak tepat sasaran, ibarat orang menembak pelurunya tidak terarah ,alhasil ya buang-buang peluru.

Nah dijurus ke 4 ini ada hubungannya dengan jurus 2, Yakinlah 100% sista yang bisa buka blog ini pastilah minimalnya punya facebook, BB atau smartphone, sekarang analisa pasar sista (kontak di BB, Teman di facebook dan Follower di twitter). Lihat rata-rata mereka usia berapa, kira-penghasilannya berapa dan profesinya apa. Dari sini kita bisa melihat kemampuan daya belinya dan jadi bahan pertimbangan juga produk apa yang akan kita tawarkan serta berapa range harganya.

Contoh : Di kontak BB kita mayoritas mahasiswa baru (misal sista mahasiswa baru). Jumlahnya sekitar 150 orang. kira-kira kebayang produk apa yang mau ditawarkan? salah satunya mungkin binder sangat cocok bagi mahasiswa baru karena hampir 90% mahasiswa baru tentu membutuhkannya. Langkah selanjutnya tinggal sista buat penawaran yang sulit ditolak oleh mereka apakah itu diskonnya, harganya, kemudahan lainnya. Dan kita misalkan margin 1 buah binder adalah 30 ribu, berarti untuk mendapatkan penghasilan 100 ribu/hari maka setiap hari minimal kita mesti jual minimal 3 – 4 Binder. caranya? Gabungkan jurus 1 + Jurus 2 , Keyakinan dan kemaun yang kuat ditambah dengan manfaatkan segala fasilitas atau kalau perlu tiap hari berdiri di gerbang kampus tawarin tuh kesemua yang lewat. Intinya lakukan apapun itu caranya agar 3 binder terjual dalam 1 hari ,maka dengan sendirinya kreatifitas-kreatifitas anda akan muncul.

Begitu pula dengan produk lainnya. Kalau marginnya 100 ribu/produk tentu setiap hari minimal anda mesti jual minimal 1 produk.

5. Jurus 5 : Fokus

Fokus
Nah ini yang jadi kelemahan banyak “pedagang” pemula yaitu susah fokus, tidak sabaran,pengen hasil Instan. Akhirnya yang terjadi adalah tidak fokus gonta-ganti dagangan. Hari ini jualan baju, besok jualan jam tangan, lusa jualan herbal, lusanya lagi jualan sepatu. Kalau seperti ini ya konsumen sistapun bingung sebenarnya sista jualan apa, gak jelas. hehe.

Biasanya yang menyebabkan tidak fokus adalah produk yang dijual tidak laku dan kita suka gak sabaran, akhirnya terjerumus melihat “rumput tetangga lebih hijau” . Lihat orang jualan sepatu rame pengen nyoba juga, lihat orang jualan baju rame pengen coba juga jualan baju. Tapi ketika dicoba koq ga rame-rame.? Jadi pusing dech hehe

Hello…sist…
Semuanya itu berproses, sista jualan hari ini target laku minimal 3 bisa jadi sista selama 1-5 hari pertama malah tidak laku-laku atau zero closing. Tapi ingat selama 5 hari sista sudah punya pengalaman dan pemahaman yang pasti makin meningkat tentang produk yang sista jual. Kalau belum laku-laku juga tinggal dikoreksi dalam cara dagang apanya yang kira-kira kurang tepat (catatan : sista telah memilih produk yang tepat ingat Jurus 3).

Disinilah butuh kesabaran sist semua, sabar………..sabar…………..sabar dan sabar sembari terus evaluasi dimananya yang kurang. Semua pedagang tentu menemukan pengalaman seperti ini. Jika sista cepat-cepat gonta-ganti bisnis yang rugi sista sendiri karena sista akan selalu belajar hal baru terus dan akan menemukan pola yang sama, barang ga laku ganti lagi jualannya.

Tapi setelah sista closing pertama, kedua ,ketiga dan keempat maka sista akan menemukan pola-pola pelanggan sista, pola cara menawarkan yang cocok, pola pelayanan yang tepat. Biasanya jika Jurus 1,2 dan 3nya oke gak akan menunggu 5 hari. 20 Menit pertama bisa lansung closing sampai ratusan hingga jutaan . Ini pengalaman reseller @BursaBukuID 20 menit kurang setelah daftar jadi reseller beliau lansung BC dan akhirnya closing 700 ribu (Komisi sekitar 200 ribu).

6.Jurus 6 : Jurus Melipatkan

Iklan Fb
Nah dari penghasilan 100 ribu/hari tentu anda ingin melipatkan jadi 200 ribu, 400 ribu, 800 ribu dan seterusnya setelah ketemu polanya di Jurus 5. Di Jurus 6 ini jadi simple ini ada beberapa trik untuk melipatkan penghasilan :

• Investasikan 10-20% keuntungan sista untuk biaya Marketing. Apa sih tujuannya? tujuannya adalah untuk memperbanyak calon pelanggan diantaranya adalah beli Website (WAJIB buat pengusaha Online, Iklan FB ads, iklan baris,dll) .Dengan meningkatnya calon pembeli sista tentu meningkat juga penjualan serta otomatis akan berlipat juga. Hitung-hitungan sederhanya begini. Kalau dengan calon pelanggan 100 sista bisa dapat penghasilan 100 ribu / hari, maka harusnya kalau dilipatkan menjadi 10 kali jumlah pelanggan maka potensi penghasilan anda bisa menjadi 1 juta/hari. Dan begitulah seterusnya. Makanya INVESTASI disini PENTING
• Optimalkan setiap pelanggan sista (yang sudah beli), Buat mereka untuk melakukan repeat order dan berlangganan secara berkala kepada sista dan tawarkan juga mereka untuk menjualkan kembali (jadi reseller)
• Tidak semua calon pelanggan kita adalah konsumen yang baik tapi ada beberapa diantaranya mereka adalah penjual yang hebat, Maka peluang bagi sista untuk menawarkan kerjasama dengan mereka untuk menjualkan produk-produk sista

Kira-kira itulah jurus 6 (Jurus Melipatkan)

7. Jurus 7 : Bertahan

Bertahan

Di jurus ketujuh ini simple, jurusnya adalah BERTAHAN…udah itu aja…
Pahami dan cerna maksudnya sendiri 🙂

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu