13 Kebiasaan yang Harus Dimulai dari Sekarang agar Jantung Sehat Hingga Tua

Hasil statistik yang cukup menyeramkan: Penyakit jantung adalah nomor satu penyebab kematian bagi wanita, menyerang satu dari empat perempuan. Dan bahkan lebih mengejutkan, risiko penyakit jantung adalah tiga kali seumur hidup sista risiko kanker payudara. Namun sayangnya, pembunuh licik ini hanya dikenal sebagai ancaman kesehatan bagi pria saja. Akibatnya, terlalu banyak perempuan melalaikan fakta. Nah, kita perlu “membunyikan alarm” dan menyadari bahwa sekarang adalah waktu untuk mengambil perilaku jantung sehat. Adopsi kebiasaan ini sekarang, dan hal ini pasti akan bermanfaat untuk jantung sista hingga tahun-tahun mendatang.

1. Sisihkan waktu untuk Olahraga Harian

olahraga harian

 Sesibuk apapun sista, tapi kebiasaan berolahraga setiap hari mempunyai manfaat yang luar biasa. Perempuan dari semua usia yang cukup aktif selama 60 menit per hari (atau penuh semangat aktif selama 30 menit setiap hari) yang 46% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan gagal jantung, menurut sebuah studi American Heart Association baru-baru ini. Itu mungkin tampak seperti promo pusat kebugaran, penelitian membuktikan bahwa bila kita dapat memenuhi ambang batas 30- atau 60 menit setiap hari, meskipun tingkat aktivitas rendah, jantung kita masih terjaga kesehatannya. Dan untuk catatan, CDC merekomendasikan 150 menit berolahragalah setiap minggu atau wajibkan diri sekitar 20 menit berkeringat setiap hari.

2. Mulai Jalan Pagi

lari pagi

 Setiap jenis aktivitas sedang atau kuat meminimalisir risiko Anda, berjalan pagi mungkin memiliki keunggulan. Sebuah studi baru dari Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa berjalan (bahkan jika itu tidak pada rutin dan dengan tempo lambat), bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 45%.

3. Perhatikan kesehatan emosi sista

Keep Your Heart Healthy LATER

Selain memperhatikan gejala menurunnya suasana hati sista, perhatikanlah juga perubahan kesehatan mental lainnya dan berbicara dengan dokter atau terapis jika sesuatu tampak lepas. Wanita di bawah usia 55 dengan depresi sedang atau berat memiliki lebih dari dua kali kemungkinan mengembangkan masalah jantung fatal, seperti serangan jantung, menurut Journal of American Heart Association. Jika sista memiliki alasan untuk berpikir sista mungkin menderita depresi klinis atau gejala lain termasuk perasaan terus-menerus sedih dan putus asa selama lebih dari dua minggu, serta pikiran untuk bunuh diri dan perubahan makan dan tidur, konsultasilah ke dokter atau terapis yang bisa membantu

 4. Berhenti Merokok 

stop smoking

Sorry, you must understand it well, tapi perlu sekali dingat! Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke sebanyak 2-4 kali dari bukan perokok, menurut American Heart Association Go Red for Women kampanye. Wanita yang merokok 25 persen lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung daripada pria perokok.

5. Luangkan waktu untuk menyehatkan hubungan sista

your relationship

Berada dalam sebuah hubungan yang sehat benar-benar dapat melindungi jantung sista. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang merasa seperti tidak memiliki pasangan mereka lebih rentan secara emosional memiliki tingkat lebih tinggi terhadap pengapuran arteri koroner yg juga dikenal sebagai pengerasan arteri yang akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung. Para peneliti berpikir mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa ketika sista tidak merasa didukung, sista lebih stres, dan stres memiliki efek negatif pada kesehatan jantung. Jadi perhatian ekstra untuk hubungan sista dan memastikan bahwa sista dan pasangan sista saling mendukung dan pengertian, dapat “membayar” risiko tersebut.

6. Selalu ambil sisi positif

berpikir positif

Ini tidak berarti sista harus menutupi semua negativitas dari kehidupan, tetapi optimisme dan keceriaan telah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga kondisi. Bagaimana cara membantu? Para peneliti berpikir pola pikir positif bisa mengikis stres, penyebab penyakit jantung.

7. Seringlah memakan menu ala Mediterania

Mediterranean food

Menu dengan buah-buahan segar dan sayuran, tanaman sumber protein seperti kacang-kacangan, polong-polongan dan minyak zaitun, yang semuanya berisi monosaturated lemak “baik”. Ini membantu menjaga tekanan darah turun dan tingkat yang lebih rendah dari kolesterol LDL, kontributor pembentukan penahan plak pada dinding arteri. Sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine, menuliskan dalam laporannya : Tidak heran orang-orang yang makan diet High-Mediterania, yang memasukan minyak zaitun dan kacang-kacangan dalam menu harian mereka 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita penyakit jantung.

8. Lakukan aktifitas sex

more sex

Untuk melakukan sex lebih banyak dari biasanya, sista tak perlu mencari-cari alasan lain kan? Setidaknya dua kali seminggu membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat stres, dua faktor risiko besar untuk masalah jantung. Sista tidak harus mencapai orgasme untuk mendapat manfaatnya, bahkan sista juga tidak membutuhkan “pasangan”. Hanya merasa terangsang muncul untuk memicu sibuk hormon yang mendongkrak aliran darah. Tapi tetap ingat, beradalah selalu dijalur yg benar agar tidak terkena resiko penyakit parah lainnya.

9. Jauhi soda

menghindari soda

Serius, sekarang sudah saatnya sista untuk menghentikan kebiasaan ini. Minum soda berlebihan dapat menyebabkan fungsi jantung yang tidak teratur, bahkan soda diet sekali pun, berisiko memicu penyakit jantung dan diabetes. Orang dewasa yang minum satu minuman soda atau lebih sehari berisiko 50% lebih besar mengalami sindrom metabolik (serangkaian faktor risiko, seperti kelebihan lemak di area pinggang, kadar kolesterol baih HDL rendah, tekanan darah tinggi dan gejala lainnya).

10. Bersihkan gigi dengan benang gigi (floss dental) setiap hari

benang gigi

Peluang seorang wanita memiliki penyakit jantung dua kali lipat jika dia memiliki penyakit gusi, menurut Academy of General Dentistry. Bakteri penyebab penyakit gusi dapat mengakibatkan perdarahan dalam mulut sista, yang dapat menyebabkan peradangan yang menekankan hati. Flossing adalah salah satu cara terbaik untuk membuang bakteri mulut, jadi itu adalah langkah pertama yang sederhana pertahanan

11. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat bebas penghilang rasa sakit

obat bebas

Orang-orang yang mengambil dosis harian tinggi NSAID(NSAID disebut naproxens) seperti ibuprofen memiliki kesempatan lebih tinggi menderita serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung, menurut sebuah studi dalam The Lancet. Jika sista merasa sakit, konsultasilah dengan dokter sista tentang risiko dan mintalah alternatif penyembuhan yang lebih aman.

12. Perbanyaklah minum teh

minum teh

Teh hijau dan hitam mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Teh juga dapat meningkatkan fungsi arteri, dan menghirup sebelum tidur sangat baik untuk melebur stres. Hanya sista perlu menghindari versi botol, yang cenderung memiliki banyak gula.

13. Menjaga kualitas tidur setiap malam

tidur malam

Setumpuk penelitian menunjukkan bahwa istirahat malam yang buruk memainkan peran dalam penyakit jantung. Satu studi menunjukkan bahwa insomnia dapat meningkatkan risiko serangan jantung, sementara yang lain menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk meningkatkan risiko tekanan darah tinggi,serta dikenal menjadi faktor utama serangan jantung.

Demikian kebiasaan kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menjaga jantung kita tetap sehat. Bukankah kita masih ingin menikmati hari-hari terakhir dengan nyaman bersama anak cucu kita, tanpa perlu merepotkan mereka, bahkan jika bisa kita pun ingin berpartisipasi merawat cucu dan cicit kita. Lalu alasan apalagi yang lebih kuat untuk menunda memulai kebiasaan-kebiasaan baik ini?

You might also like
Kebugaran, Kesehatan

More Similar Posts

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu