10 Hal Mengejutkan yang Bisa Dilakukan dengan Microwave

Microwave oven

Sista mungkin sudah sangat akrab mengolah makanan di dapur dengan microwave, tapi taukah ternyata microwave ini memiliki fungsi lain yang mengejutkan. Berikut fungsi tambahan dari microwave yang mungkin sista tak pernah menduganya akan dapat dilakukan dengan microwave :

1. Menyokong tanaman
Sterilkan tanah untuk tumbuh bibit dengan memanaskannya dalam microwave terlebih dahulu. Colorado State University hortikulturis Laura Pottorff menyarankan mengisi wadah plastik dengan lapisan tipis tanah yang telah disterilkan dalam microwave selama 90 detik per kilogram.

2. Menghemat perangko
Sista dapat menghapus cap dari amplop dengan menempatkan setetes air itu dan kemudian masukan microwave selama 10-15 detik.

3. Disinfektan spons
Microwave dapat membunuh 99,9% dari sebagian besar kuman rumah tangga (dan sekitar 99,8% dari E. coli dan salmonella). Coba sendiri: Basahilah spons dengan air dan membinasakan mereka dalam microwave selama 60 detik.

4. Membuat bantal pemanas sendiri untuk sakit otot
Potong kaki dari kaus kaki tua dan menjahit ujungnya. Isi dengan beras dan kemudian menjahit yang masih berlubang, lalu panaskan dalam microwave. Sekarang sista punya bantal pemanas murah. Sista dapat menggunakan berulang-ulang. Sista juga dapat menambahkan beberapa tetes lavender pada beras.

5. Memperpanjang usia roti
Jika sista mendapati roti sista kering dan bertekstur kasar, sehingga sulit mengunyah ataupun menelannya, Bungkuslah roti dengan tisu lembab dan “sulaplah” dalam microwave selama 20 detik. Kelembaban dari handuk akan meresap ke dalam roti sista.

6. Memisahkan gumpalan gula palem.
Ambil tisu untuk membungkus gula palem sista yang telah terlanjur menggumpal. Basahi tisu yang membungkus gumpalan gula, dan masukkannya ke dalam microwave. Tutup dan nyalakan selama 25 detik. Kelembaban dari handuk akan tertransfer ke gula.

7. Panggang kue tanpa menunggu
Membuat kue sendiri? Mengapa tidak, sista dapat membuat kue sendiri tanpa bantuan siapapun dengan microwave. Sista hanya membutuhkan 5 menit dengan menggunakan bahan-bahan yang mungkin sista sudah memiliki di rumah.

8. Kupas bawang putih tanpa rasa sakit
Mengupas kulit dari bawang putih adalah tugas yang menuntut kuku yang baik dan banyak kesabaran. Tidak harus seperti ini. Lampu microwave selama 15 detik dan bawang akan terkupas jauh lebih mudah. Cornell University asisten profesor Gavin Sacks mengatakan bahwa efek ini mungkin berhubungan dengan air yang mengepul dari bawang putih ketika sedang dipanggang. Uap yang memecah ikatan antara siung dan kulit.

9. Menyulap jeruk
Sebelum dijus, masukan potongan jeruk atau lemon ke dalam microwave selama 10-15 detik. Microwave akan membuat jeruk dan lemon lebih mudah untuk jus dan membantu sista mendapatkan setiap tetes.

10. Membuat kacang panggang sendiri
Taruh beberapa kacang dalam mangkuk pada kotak microwave, tambahkan sedikit minyak, dan nyalakan microwave, aduk setelah setiap satu menit. Waktu memasak akan bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah kacang yang sista masak, rata-rata sekitar lima menit. Cara ini juga bekerja untuk makanan seperti labu dan biji bunga matahari.

You might also like

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu